HUTANG ITU KEHINAAN DI SIANG HARI, KERESAHAN DIMALAM HARI…. TIPS BILA BERHUTANG

HUTANG ITU KEHINAAN DI SIANG HARI, KERESAHAN DIMALAM HARI…. TIPS BILA BERHUTANG

Mungkin ada orang yang ada hutang pada orang lain, ketika ia punya wang untuk membayar dan mampu, ia tidak segera melunasinya. Ia malah sibuk bermewah-mewahan. Ini tidak dibenarkan dalam ajaran Islam. Agama islam menekankan bahawa yang namanya hutang itu adalah darurat. Tidak bermudah-mudah berhutang dan hanya dilakukan di saat sangat diperlukan saja. Jika sudah mampu membayar, maka segera bayar. Jika sengaja menunda membayar hutang padahal mampu ini adalah kezaliman.   

 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻣَﻄْﻞُ ﺍﻟْﻐَﻨِﻰِّ ﻇُﻠْﻢٌ ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃُﺗْﺒِﻊَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻠِﻰٍّ ﻓَﻠْﻴَﺘْﺒَﻊْ  ‏

 

“Penundaan (pembayaran hutang dari) seorang yang kaya adalah sebuah kelaliman, maka jika salah seorang dari kalian dipindahkan kepada seorang yang kaya maka ikutilah.”

 

Mari ikuti adap berhutang.

 

1. Jangan Pernah Tidak Mencatat Hutang Piutang

  • “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kalian melakukan hutang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kalian menuliskannya..” (QS.Al Baqarah : 282)

 

 

2. Jangan Pernah Berniat Tidak Melunasi Hutang

 

  • “Siapa saja yang berhutang, sedang ia berniat tidak melunasi hutangnya, maka ia akan bertemu Allah sebagai seorang pencuri..” (HR Ibnu Majah)

 

3. Jangan Pernah Menunda-nunda Membayar Hutang

 

  • “Menunda-nunda (pembayaran hutang) bagi orang yang mampu adalah kedzaliman..” (HR Bukhari dan Muslim)

 

 

4. Jangan Pernah Menunggu Ditagih Dulu Baru Membayar Hutang

 

  • “Sebaik-baik orang adalah yang paling baik dalam pembayaran hutang..’ (HR Bukhari dan Abu Daud)

 

5. Jangan Pernah Mempersulit Dan Banyak Alasan Dalam Pembayaran Hutang

 

  • “Allah ‘Azza wa jalla akan memasukkan ke dalam surga orang yang mudah ketika membeli, menjual, dan melunasi hutang..” (HR Ahmad, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah)

 

6. Jangan Pernah Meremehkan Hutang Walaupun Sedikit

 

  • “Ruh seorang mukmin itu tergantung kepada hutangnya hingga hutangnya dibayarkan..” (HR Ahmad, at-Tirmidzi, ad-Darimi, dan Ibnu Majah)

 

7. Jangan Pernah Berbohong Kepada Pihak Yang Menghutangi

 

  • “Sesungguhnya, apabila seseorang berhutang, maka bila berbicara ia akan dusta dan bila berjanji ia akan ingkari..” (HR Bukhari dan Muslim)

 

8. Jangan Pernah Berjanji Jika Tidak Mampu Memenuhinya

 

  • “… Dan penuhilah janji karena janji itu pasti dimintai pertanggungjawaban..” (QS Al Israa’ : 34)

 

9. Jangan Pernah Lupa Doakan Orang Yang Telah Menghutangi

 

  • “Barangsiapa telah berbuat kebaikan kepadamu, balaslah kebaikannya itu. Jika engkau tidak mendapati apa yang dapat membalas kebaikannya itu, maka berdoalah untuknya hingga engkau menganggap bahwa engkau benar-benar telah membalas kebaikannya..” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

 

Dan yang paling penting :

 

JANGAN PERNAH…. LUPA BAYAR….hutang wajib diwajib walaupun tidak dituntut walaupun anda  akan menjadi miskin dengan membayar hutang lebih baik daripada mati dalam HUTANG.Ingat mengingati sesama kita moga hidup kita dirahmati dan diberkati.

 

 

Semoga ALLAH mewafatkan kita dalam keadaan bersih, beriman dan bertakwa kepada ALLAH dan terbebas dari segala lilitan hutang. Aamiin

 

Anda Suka Artikel Ini? Klik Like Dan Share Ya Agar Lebih Ramai Dapat Info Yang Baik Ini. Terima kasih Di Atas Kerjasama Anda.